Categories:> Uncategorized

Menjadi Pintar Dengan Video Interaktif

Berkembangnya jaman, media pembelajaran pun turut berkembang dari cara konvensional pada umumnya menuju cara yang lebih modern dan menarik. Salah satunya adalah dengan media audio visual, yaitu video. Video sebenarnya berasal dari bahasa Latin, video-vidi-visum yang artinya melihat atau mempunyai daya penglihatan. Sedangkan menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), video memiliki makna bagian yang memancarkan gambar melalui pesawat televisi. Dapat disimpulkan secara sederhana, video merupakan gambar gerak yang dapat dilihat dari media putar, baik itu televisi dan media pemancar gambar yang lainnya.

Media interaktif mengacu pada media yang memancing respon atau tindakan pengguna dengan menyajikan gambar gerak, video, animasi, ataupun permainan. Media ini merupakan salah satu metode komunikasi yang bekerja karena  respon dari partisipan media. Komunikasi dua arah merupakan kunci dari setiap media interaktif. Menggabungkan video dan media interaktif menjadi terobosan baru yang memiliki manfaat unggul untuk media pembelajaran para siswa. Keunggulan video bagi media hiburan, ditambah dengan rangsangan bagi penonton untuk merespon membuat video interaktif menjadi media hiburan dan edukatif yang sangat cocok bagi metode pembelajaran para siswa sekolah.

Mempercayakan pembuatan video interaktif pada salah satu vendor hendaknya memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya. Vendor pembuat, harusnya memiliki kredibilitas yang tinggi dalam teknik berkomunikasi, sehingga nantinya video interaktif yang tercipta sangat komunikatif dan berhasil memancing respon dari penonton untuk menentukan inetaraksi selanjutnya dalam sebuah video. Kedua, pastikan vendor tersebut memiliki taste gambar atau visual yang sesuai dan mendukung kebutuhan anda. Setiap video interaktif tentunya memiliki perbedaan yang berdasarkan siapa penontonnya. Bagi siswa tingkat sekolah awal, visual yang tepat ditampilkan adalah visual yang memiliki banyak warna dan bentuk yang unik. Sedangkan bagi siswa dengan grade pendidikan lebih tinggi, memilih warna-warna yang simpel dan eksklusif lebih baik daripada visual yang penuh warna. Memastikan budget yang anda miliki sesuai dengan kinerja vendor adalah hal terakhir yang harus anda lakukan sebelum memilih vendor. Dengan memastikan harga dan hasil di awal transaksi, kecenderungan untuk mengalami perbedaan ekspektasi dan miss komunikasi akan terminimalisir di akhir transaksi.

Share

About Admin Setia Design See all posts by author

Melayani Jasa : 1. Desain 2D/3D 2. Logo 3. Branding untuk Start Up/Corporate/UMKM 4. Animasi 5. Pembuatan website 6. Percetakan 7. Barter Produk 6. Photography 7.

Your comment