Categories:> Uncategorized

MACAM-MACAM SOFTWARE

PC atau kepanjangan dari personal computer kini merupakan salah satu barang yang hampir wajib harus dimiliki oleh setiap orang untuk dioperasikan di rumah, kantor, café, taman, dan tempat-tempat lainnya. Kebutuhan PC yang semakin meningkat, turut serta meningkatkan kebutuhan software yang berbeda-beda pula.

Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software, PC dapat mejalankan suatu perintah sesuai dengan kehendak pemakainya. Software memiliki nama lain, yaitu perangkat lunak. Karena namanya adalah perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras.  Jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia atau wujud dari PC itu sendiri, maka software atau perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik. Software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda, namun bisa untuk dioperasikan.

Jumlah software kini terus meningkat sesuai dengan kebutuhan para pemakai PC. Inovasi yang berbeda dari setiap software yang terus meningkat, tentunya membuat para pembuat software meningkatkan pula fungsi dan kemudahan akses untuk software-nya. Berdasarkan distribusinya, software digolongkan menjadi beberapa macam. Pertama, adalah software berbayar. Perangkat lunak ini ditujukan untuk tujuan komersil. Setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut, harus dengan cara membeli atau membayar terlebih dahulu pada pihak yang mendistribusikannya. Pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Beberapa contoh contoh software berbayar tersebut adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.

Kedua adalah free software atau software yang bisa digunakan, disalnin hingga didistribusikan secara cuma-cuma. Software ini lebih mengarah keapada bebas menggunakan, namun tidak harus gratis. Jadi, harus ada satu atau beberapa pihak yang membeli software etrsebut terlebih dahulu sebelum mengakses dan menyebarluaskannya kepada masyarakat umum. Jenis software yang ketiga adalah freeware. Software ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan jenis free software walaupun terdapat sedikit kemiripan nama di antara dua jenis software tersebut. Freeware adalah jenis perangkat lunak gratis digunakan tanpa batasan waktu. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat lunak gratis untuk digunakan oleh pihak-pihak tertentu, namun dengan tidak memutus hak mereka sebagai pengembang untuk terus mengontrol penggunaan dan perkembangan software tersebut.

Jenis terakhir adalah shareware, atau perangkat lunak bebas namun memiliki jangka waktu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu (trial) yang ditetapkan, misalnya 30 hari . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program.

Itulah macam-macam jenis software berdasarka distribusinya. Semoga artikel di atas dapat membantu anda sebelum mencoba atau membeli software baru untuk tuntutan pekerjaan dan kegiatan anda.

Share

About Admin Setia Design See all posts by author

Melayani Jasa : 1. Desain 2D/3D 2. Logo 3. Branding untuk Start Up/Corporate/UMKM 4. Animasi 5. Pembuatan website 6. Percetakan 7. Barter Produk 6. Photography 7.

Your comment