Categories:> Uncategorized

KARIKATUR, DULU DAN KINI

Pernah dengar istilah karikatur? Mungkin anda mengetahui seperti apa bentuknya, namun dapatkan anda menjabarkan pengertiannya?

Karikatur pada dasarnya adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur sendiri berasal dari Italia caricare, yang berarti melebih-lebihkan. Umumnya, karikatur menggambarkan subjek dengan maksud untuk menimbulkan hal-hal lucu bagi pihak-pihak yang mengenal subjek karikatur tersebut. Beberapa orang menganggap karikatur dan kartun adalah hal yang sama, padahal perbedaannya adalah, karikatur tidak membentuk suatu cerita seperti kartun, namun karikatur dapat menjadi unsur di dalam suatu kartun, sebagai contoh adalah kartun editorial atau kartun yang berisi ilustrasi yang berkaitan dengan peristiwa atau tokoh terkini.

Berkembangnya jaman, karikatur tidak hanya digunakan untuk pembahasan politik ataupun sindiran secara halus kepada suatu pihak atau keadaan. Walaupun terkesan sederhana, karikatur kini dimanfaatkan untuk beberapa hal, karena sebuah karikatur memiliki keunikan dan ciri khas yang tersendiri jika dibandingkan dengan karya gambar yang lainnya.

Secara fungsi, karikatur dibedakan menjadi tiga hal. Pertama, adalah hiburan. Sebuah artikel ataupun berita di koran atau majalah, terasa akan sangat biasa saat kita melihat deretan tulisan ataupun foto pendukung. Namun bagaimana jika terdapat karikatur yang tersemat di sana? Sebuah informasi pastinya lebih menarik jika terdapat unsur karikatur yang membahas hal terkait dengan berita.

Fungsi kedua adalah untuk penyaluran hobi. Bagi yang suka menggambar, karikatur bisa dijadikan pealrian dalam membuat suatu karya yang memiliki esetetika seni yang tinggi. Teknis membuat karikatur pun tidak memiliki perbedaan yang jauh dari menggambar biasa. Banyak orang kini melirik fungsi karikatur sebagai sebuah hadiah atau cindera mata yang lain dari biasanya. Selain dapat menyalurkan hobi, karikatur juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang pula.

Terakhir adalah fungsi kritik sosial dan politik. Seperti yang kita tahu, kritik sosial dan politik adalah fungsi mula dari sebuah karikatur. Pada abad 18, karikatur telah menjangkau masyarakat luas melalui media cetak di Inggris. Di abad berikutnya hingga sekarang, fungsi itu nampaknya masih terjaga dan tidak berubah, untuk tetap ditampilkan dalam media-media cetak ataupun online. Majalah TEMPO, adalah salah satu majalah yang masih mengandalkan unsur kritik sosial dan politik peristiwa masa kini pada karikatur yang sering digunakan sebagai cover.

Nah, itu tadi adalah perbedaan karikatur jika digolongkan dari segi fungsinya. Bagi anda yang tertarik untuk memiliki karikatur wajah anda ataupun orang terdekat, tak ada salahhnya untuk membuatnya bagi hiburan tersendiri. Dan bagi anda yang memiliki sikap kritis yang tinggi terhadap permasalahan sosial di sekitar anda, karikatur adalah cara unik dan artistik untuk menyampaikan apa yang ada di dalam kepala anda. Selamat mencoba!

Share

About Admin Setia Design See all posts by author

Melayani Jasa : 1. Desain 2D/3D 2. Logo 3. Branding untuk Start Up/Corporate/UMKM 4. Animasi 5. Pembuatan website 6. Percetakan 7. Barter Produk 6. Photography 7.

Your comment